Tips Membuat Literature Review

Pengertian dari literatur review sendiri adalah sebagai uraian mengenai sebuah teori atau temuan yang akan digunakan sebagai acuan untuk juga dijadikan sebagai landasan sebagai suatu kegiatan penelitian. Hal ini biasanya bertujuan untuk dapat bisa menyusun kerangka pemikiran secara jelas sesuai dengan rumusan masalah yang akan dibahas. dan juga diteliti. Sedangkan menurut sebuah sumber literatur sendiri adalah analisa yang berupa review dari suatu kegiatan yang bersifat memabangun bukan untuk mnejatuhakan sebuah penelitian yang sedang dilakukan dengan topik tersebut. Maka anda perlu ketahui jika, literature review sendiri adalah sebuah studi kasus terhadap sebuah penelitian yang di rangkum. Tetapi literatur review juga merupakan sebuah karya ilmiah yang digunakan sebagai kritik dan juga sarana evaluasi. Jika di dalam kamus literatul review berarti studi pusaka yang merupakan istilah yang biasanya digunakan oleh para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan juga tes. 

 

Tujuan Dari Literature Review

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips untuk dapat menyusun sebuah literatur review yang sesuai dengan penelitian. Tujuangnya dibuat literature review sendiri adalah sebagai cara untuk menyakinakan pemabaca tentang suiatu hasil atau ide dari penelitian yang ditulis. Kemudian nantinya apa-apa saja kekurangan dari riset yang sudah dilakukan dan juga apa kelebihan dari riset-riset tersebut. Dan juga juga apa manfaatnya untuk sebuah penelitian. Mungkin anda sendiri sedikit banyak sudah mengetahui tentang situs judi sbobet88 dan literature review tersebut dan tujuannya dibuat literature review tersebut. Jika anda sudah paham dalam artikel ini akan dibahas beberapa cara atau juga langkah-langkah untuk dapat menyusun literatur review atau studi pustaka. Berikut ini penjelasanya. 

 

Mencari Suatu Bahan Literature Review 

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai salah satu langkah pertama yang akan dilakukan untuk membuat literature review yaitu mencari sumber atau bahan yang akan dibahas untuk literature review tersebut. Biasanya sumber atau juga daftar pustaka yang biasanya digunakan adalah buku, artikel dan juga jurna yang biasanya sudah pernah di review. Misalnya adalah sebuah contoh dari pembasah mereview sebuah buku atau mereview sebuah jurnal. Selain itu juga ada yang disebut dengan artikel proceedings dimana yang sudah di peer review dan harga suah technical report dari suatu instansi pendidikan dan juga organisasi yang biasanya berkah untuk membuat atau juga mengeluarkan hal tersebut. Kemudian untuk anda yang akan memulai menulis sebuah literatur review anda juga harus pastikan terlebih dahulu secara sei;ah apakah sumber-sumber yang digunakan sudah sesuai dengan literatur review yang nantinya akan dibuat. Agar nantinya lebih mudah, hal-hal yang biasanya perlu diperhatikan untuk dapat menemukan kesesuaian sumber tersebut yaitu seperti daftar isi, heading, abstrak, sub heading atau juga document statement yaitu kalimat-kalimat penting di dalam sebuah tulisan yang biasa terdapat di akhir pendahuluan dari sebuah tulisan. 

Mengevaluasi Isi Dari Sumber-sumber yang Didapat

Jika nantinya nada sudah menemukan objek atau hal yang anda gunakan untuk sebuah bahan menulis literature review langkah yang kemudian kalian kerjakan yaitu mengevaluasi isi dari sumber tersebut. Dalam hal mnegevaluasi ini biasanya pasyokam kaliamnmelkuakan nya dengan cara berfikir secara objektif. Ada beberapa tips yang biasanya anda bisa gunakan untuk dapat mempercepat dalam menulis sebuah literature yaitu menggunakan teknik skimming. Mengapa menggunakan teknik skimming? Kareena dengan teknik tersebut akan mempers ringkas waktu dibandingkan dengan cara membaca cepat satu persatu yang pastinya akan membuat capek dan juga membutuhkan waktu yang cukup lama nantinya. Maka untuk anda bisa menggunakan teknik skimming ini dengan cara membaca beberapa poin-poin yang penting yang ada di dalam sumber dengan bantuan skimming. Dengan cara tersebut nantinya anda akan lebih mudah untuk mendapatkan inti-inti dari sebuah pembahasan sumber tersebut. 

Membuat Summary Isi Sumber-sumber Tersebut

Pada poin ketiga ini, jangan lupakan langkah untuk membuat summary (rangkuman). Hal ini bertujuan untuk dijadikan sebagai sebuah pengingat mengenai sebuah sumber yang pernah dibaca. Sehingga nantinya ketika anda menulis sebuah literature review anda nantinya tidak perlu repot-repot untuk mengulang atau membaca sumber tersebut lagi. Adapun juga hal-hal yang perlu dicatat di dalam sebuah rangkuman yang anda buat antara lain:

  • Penulis
  • Tahun penulisan
  • Judul
  • Sumber bisa didapat dari  (Buku, Jurnal dan Technical Report)
  • Tulisan yang dibaca
  • Tujuan penelitian dibuat
  • Metode penelitian
  • Hasil penelitian
  • Kesimpulan
  • Saran

Menulis Literature Review atau Studi Pustaka

Pada tahap ini, ranfkuman yang sebelumnya sudah ditulis, dapat digunakan untuk menulis literature review. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dapat juga dimasukkan kedalam sebuah literature review antara lainya seperti persamaan, dan juga perbedaan antara pengarang dan juga penelitian mereka, penelitian mana yang bertentangan dan juga penelitian mana yang mendukung, pertanyaan-pertanyan yang belum memiliki jawaban dan lain sebagainya. Untuk dapat memenuhi hal-hal tersebut anda sendiri dapat menata sebuah rangkuman dan mengelompokkannya dahulu seperti berdasarkan beberapa kriteria: 

  • Berdasarkan pada tema penelitian
  • Jenis penelitian
  • Pendukung atau penentang
  • Dan lain sebagainya.

Satu hal juga yang bisa anda gunakan sebagai tips dalam menulis sebuah literature review atau studi pustaka yaitu menggunakan Paraphrasing yaitu cara yang di maksud untuk mengungkapkan ulang kembali pertanyaan orang lain dengan cara yang berbeda dari cara aslinya. 

Evaluasi Literature Review yang Sudah Dibuat

Jadi hal apa yang sudah anda dapatkan setelah menulis sebuah literature review? Coba jika anda sudah selesai menulis anda bisa melakukan evaluasi kembali mengenai kelebihan dan juga kekurangan literature review yang sudah anda tulis. Tulislah juga hal-hal yang sebisa mungkin yang memang perlu untuk di tambakan dan juga dikurangi jika memang ada beberapa hal yang perlu dikurangi. Jika sudah di lakukan, nantinya anda bisa memperbaiki keseluruhan. Pada sebuah evaluasi ini nilainya cukup penting, dikarenakan dengan mengevaluasi kembali sebuah literature review atau studi pustaka yang sudah anda buat maka nantinya anda akan menemukan kekurangan dan juga kesalahan yang ada. Yang akan ditayangkan nantinya jika anda tidak mengevaluasi hasil literature review yang sudah anda buat, bisa saja terdapat kesalahan-kesalahan yang cukup fatal di dalam metode penulisan atau bagian-bagian lainya. Oleh karena itu mengevaluasi kembali adalah salah satu hal yang penting dalam membuat literature review yang baik.

Itulah beberapa pemanasan mengenai pengertian, tujuan dan juga cara menyusun literature review yang baik dan juga bener yang dapat anda jadikan sebagai sebuah referensi atau acuan. Semoga dengan artikel ini nantinya, dapat membantu anda untuk membuat sebuah literatur  review sesuai dengan kaidah yang sudah ditetapkan. Semoga pembahasan pembahasan ini dapat menambah wawasan anda dalam hal review. Sekian dan terimakasih.